Masalah yang diteliti adalah: 1) Gambaran aktivitas belajar siswa 2) Gambaran aktivitas mengajar guru 3) Peningkatan hasil belajar. Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui gambaran aktivitas belajar siswa, 2) Mengetahui gambaran aktivitas mengajar guru. 3) Mengetahui peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan 2 siklus. Subyek penelitian ini siswa yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 36 orang. Data penelitian ini adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar  yang diukur melalui tes. Analisis data yang dilakukan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar pada setiap siklus cenderung meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan skorrata-rata pada setiap siklus, pada siklusI skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,8 meningkat pada siklusII menjadi 3,4. 2) pada siklusI skor rata-rata aktivitas mengajar guru adalah 2,9 meningkat pada siklusII menjadi 3,7. 3) Hasil belajar geografi ditingkatkan melalui model pembelajaran generatif. Pada siklusI siswa yang tuntas 26(72,2%) dan tidak tuntas dan tidak tuntas 10(27,8%) dengan rata-rata 72,63 sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 32 (89%) siswa yang tuntas dan 4(11%) siswa tidak tuntas rata-rata 82,36.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018