AbstrakPenelitian ini bertujuan mengunkap gambaran motivasi prestasi, kebiasaan belajardan kreativitas belajar mahasiswa STAIN Kendari. dan pengaruh motivasiberprestasi dan kebiasaan belajar terhadap kreativitas mahasiswa STAIN Kendari.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan denganmenggunakan instrument angket dan dianalisis dengan analisis deskriptif danimperensial yang diolah melalui program SPSS versi 17. Populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa STAIN Kendari tahun akademik 2012/2013berjumlah 1.688 orang. Karena besarnya populasi dan dengan pertimbanganpopulasi homogen, maka ditarik sampel penelitian yang dianggap mewakilipopulasi yaitu 117 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: motivasiberprestasi mahasiswa STAIN Kendari berada pada kategori sedang, kebiasaanbelajar mahasiswa STAIN Kendari dikategorikan cukup dan kreatifitas belajarmahasiswa STAIN Kendari brada pada kategori sedang . Selanjutnya berdasarkanhasil analisis imperensial diperoleh: terdapat pengaruh motivasi berpresatasiterhadap kreativitas belajar mahasiswa STAIN Kendari dengan persamaan regresiỲ= 50,386 + 2,076X dengan F hitung = 11,719; terdapat pengaruh kebiasaanbelajar terhadap prestasi belajar mahasiswa STAIN Kendari dengan persamaanregresi Ỳ = 56,986 + 3,083X dan F hitung = 10,229; dan terdapat pengaruhmotivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap kreativitas belajar mahasiswaSTAIN Kendari dengan persamaan regresi Ỳ = 45,059 + 2,085X1 + 1,992X2dengan F hitung = 8,798.Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi Beprestasi, Kebiasaan Belajar,Kreativitas Mahasiswa, STAIN Kendari
Copyrights © 2014