THABIEA (JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING)
Vol 2, No 2 (2019): THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) PADA MATERI KIMIA UNSUR KELAS XII IPA-6 MAN 2 KUDUS

Muspahaji, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas  ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model discovery learning(DL) terhadap prestasi belajar siswa pada materi kimia unsur; Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 6  Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan melalui dokumentasi, tes, angket, observasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Peningkatan prestasi belajar  ditunjukkan dengan: (1) rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 6,79 dan pada siklu siklus II adalah 8,68;(2)ketuntasan belajar siswa pada siklus I siswa 14 siswa atau 38,89% dan yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa atau 61,11%; serta (3) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 38,89% dan pada siklus II mnecapai 100,00%.dan kinerja performance guru juga meningkat.Respon siswa adalah 82,14% artinya sangat setuju atau pada katagori tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Thabiea

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

Thabiea : Journal of Natural Science Teaching is a natural science education journal published by program studi Tadris IPA, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Thabiea is published twice a year as scientific communication means of academic people in the study of natural science education. ...