Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi tentang manajemen waktu terhadap kemandirian siswa Full Day School kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan desain penelitiannya adalah non eksperimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket, observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji t (ttest). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 93 siswa dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa (kelas X TKJ) dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling secara acak mengambil 10 anak dari setiap kelas X TKJ 1, X TKJ 2 dan X TKJ 3. Dari data yang terkumpul, setelah dianalisis diperoleh thitung sebesar 13,5577 kemudian dibandingkan dengan ttabel2,048 dalam taraf signifikansi 5% dan d.b = (N-1) = (30-1) diperoleh angka 29. Dengan demikian thitung> ttabel(13,5577 > 2,048). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan informasi tentang manajemen waktu meningkatkan kemandirian siswa Full Day School kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian tersebut mengarahkan rekomendasi diharapkan guru bimbingan dan konseling di SMK Batik 1 Surakarta hendaknya dapat memberikan pelayanan yang menarik terhadap siswa terutama yang berkaitan dengan kemandirian siswa agar tidak lelah dalam pembelajaran walaupun Full Day School. Hal itu dapat dilakukan, salah satunya melalui informasi tentang Manajemen Waktu. . Kata kunci : Layanan informasi tentang manajemen waktu terhadap kemandirian siswa full day school.
Copyrights © 2019