MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
Vol 5, No 2 (2019)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA KELAS X IPS DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pratiwi, Ajeng (Unknown)
Koesdyantho, Agustinus R (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 181 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 45 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai motivasi belajar dan perencanaan karir siswa, metode observasi digunakan untuk mengamati motivasi belajar siswa dan kemampuan siswa dalam membuat perencanaan karir serta dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama siswa yang digunakan sebagai responden. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh r hitungsebesar 0,755 selanjutnya nilai r hitungtersebut dikonsultasikan dengan tabel nilai r product moment pada taraf signifikansi 5 % yaitu 0,294. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai r hitunglebih besar dari rtabel atau 0,755 > 0,294. Dengan demikian, hipotesis kerja yang menyatakan bahwa ?Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan perencanaan karir pada siswa kelas X IPS MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 diterima kebenarannya dalam taraf signifikansi 5 %.  Kata kunci : Hubungan, Motivasi Belajar, Perencanaan Karir

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mdk

Publisher

Subject

Education

Description

Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, ...