JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 5 No 1 (2018): Vol.5.No.1.2018

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MORO’O

Toroziduhu Waruwu (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan Student Teams Achievement Division pada materi pokok keanekaragaman Hayati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Moro’o yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dengan tenik random sampling. Data diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sebesar 80,38 dan satandar deviasi sebesar 7,96, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division sebesar 75,13 dan standar deviasi 8,66. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α = 0,05, memperoleh hasil thitung ˂ -ttabel atau -2,82 ˂ -1,99 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Student Teams Achievement Division pada materi pokok keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Moro’o Tahun Pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...