Jurnal Mitra Pendidikan
Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November

ANOMALUS SEBAGAI BRAND AURA PADA KARAKTER SUPERHERO FILM AVENGERS: ENDGAME

A. Yudo Triartanto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Martias Martias (Universitas Bina Sarana Informatika)
Adhi Dharma Suriyanto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Fitriyanto Fitriyanto (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2019

Abstract

Genre film superhero telah banyak mencapai boxoffice movie, termasuk tetralogi film The Avengers. Indikatornya, selama waktu tiga hari pemutaran, The Avengers (2012) – dari hasil kreasi Marvel Cinematic Universal - mampu meraup pendapatan USD 200 juta sepadan dengan Rp. 1,8 triliun. Begitupun Avengers: Endgame (2019). Mengacu dari kesuksesan tersebut, penelitian dan analisis ini difokuskan terhadap film Avengers: Endgame, yang dikaitkan dengan kuatnya minat penonton untuk menyaksikan filmnya. Selain skenario naratif yang menarik, patut dicermati adalah adanya unsur-unsur daya tarik yang dimiliki para karakter tokoh superhero, dan juga villains. Maka itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan konsep kategori anomalus yang digagas Claude Levi-Strauss, tentang posisi dan oposisi biner para superhero dan villains, yang tergabung dalam film Avengers: Endgame. Kategori anomalus bertujuan untuk mengurai batas kekaburan para superhero dan villains mengenai kategorialnya. Sedang konsep brand aura untuk menyingkap dan menemukan unsur-unsur daya tarik yang dimiliki para superhero dan villains. Struktur Naratif Vladimir Propp dimanfaatkan sebagai penjabaran mengenai peran-peran karakter dalam suatu narasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

e-jmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan ...