Pendidikan akan terus berkembang mengikuti zaman, sehingga dibutuhkan pemikiran-pemikiran tokoh Islam yang focus dalam dunia pendidikan, untuk memecah segala problematika pendidikan yang dirasakan saat ini. Kedua tokoh ini terkenal konsen dalam melihat pendidikan dan mengamati sebagai salah satu instrument yang digunakan untuk mencetak generasi yang memiliki syaksiyah islamiya. Proses kependidikan Islam memerlukan konsep-konsep yang pada gilirannya dapat dikembangkan menjadi teori-teori yang teruji dalam prakteknya dilapangan. Bangunan teoritis kependidikan Islam itu akan dapat berdiri tegak diatas pondasi pandangan dasar (filosofis) yang telah digariskan oleh Tuhan dalam kitab suci wahyu-Nya yaitu Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripitif kualitatif untuk memberikan gambaran konstruksi konsep pendidikan dari tokoh-tokoh Islam yaitu Muhammad Abduh dan Abuddin Nata dalam melihat pendidikan dari sisi tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan output yang akan dicetak. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian kepustakaan dan literatur yang ada relevansinya dengan judul.
Copyrights © 2019