Salah satu inovasi model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memfasilisasi kegiatan pembelajaran yang menggunakan internet adalah model blended learning. Model Blended learning adalah integrasi dari pembelajaran tradisional (tatap muka) dengan metode pembelajaran jaringan. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran simulasi digital melalui penerapan model blended learning di SMK Negeri 1 Tuhemberua, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital melalui penerapan model blended learning di SMK Negeri 1 Tuhemberua. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tuhemberua. Sekolah ini terletak di Desa Botolakha Kecamatan Tuhemberua. Penelitian ini mengambil subjek kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Tuhemberua, semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dan disesuaikan dengan jadwal di sekolah. Hasil penelitian adalah: 1) Pada siklus pertama diperoleh rata-rata hitung hasil belajar 76,33 dan termasuk kategori cukup, siklus dua pelaksanaan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hitung hasil belajar 88,27 dan termasuk pada kategori baik sekali, dengan persentase ketuntasan 100% dan ketidaktuntasan 0%, sehingga ketuntasan belajar mencapai target 75%, 2) Berdasarkan pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan statistik parametris didapat thitung = 38,26 dengan ttabel = 1,684 untuk n = 31 sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model Blended Learning dalam Pembelajaran Simulasi digital SMK Negeri 1 Tuhemberua” meningkat dan dapat diterima.
Copyrights © 2019