Lingkungan yang sangat kompetitif saat ini, meningkatkan loyalitas pelanggan pada merek memungkinkan perusahaan untuk mencapai posisi jangka panjang yang menguntungkan. Merek sangat penting bagi perusahaan dalam pasar konsumen. Merek merupakan penghubung antara perusahaan dengan pelanggan, dan pelanggan dapat mengembangkan loyalitas terhadap merek. Penelitian ini mengusulkan bahwa kepercayaan pelanggan pada merek merupakan faktor penting dalam mengembangkan loyalitas merek. Faktor-faktor yang dihipotesiskan mempengaruhi kepercayaan pada merek mencakup variabel-variabel recognition (kemampuan mengingat merek), reputation (kekuatan merek untuk membangun status), affinity (kekuatan merek yang membentuk asosiasi) dan domain (kemampuan merek menampilkan kekhasan produk). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand terhadap loyalitas debitur pada Bank Mega Syariah Batusangkar Penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan kuesioner ke 77 responden. Karakteristik responden yang digunakan adalah usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Responden yang menjadi subjek penelitian adalah debitur Bank Mega Syariah Batusangkar Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik Path Analysis menggunakan bantuan program SPSS versi 13. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling Hasil penelitian menemukan bahwa kepercayaan pada merek memediasi hubungan antara brand dengan loyalty debitur. Hasil temuan penelitian juga menunjukkan bahwa kepercayaan pada merek berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas debitur. Hasil ini mengidentifikasikan bahwa BMS harus mempertimbangkan faktor-faktor brand diantaranya Recognition, Reputation, Affinity dan Domain yang menjadi penghubung kepercayaan pelanggan pada merek dalam upaya untuk mengembangkan loyalitas debitur. Keyword: Brand, Loyalitas
Copyrights © 2017