Mechanova
Vol 4 (2015): Semester gasal 2015-2016

PENGARUH LUBANG VENTILASI DAN SUSUNAN KEMIRINGANNYA PADA KEMAMPUAN REM CAKRAM SEPEDA MOTOR

Tjio Yong Ky (Unknown)
Joni Dewanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2018

Abstract

Sistem rem memiliki peranan yang sangat penting untuk memperlambat dan juga menghentikanlaju kendaraan agar kendaraan tersebut dapat berhenti. Gesekan yang terjadi selama prosespengereman akan menimbulkan panas sehingga akan mengurangi daya cengkeramnya.Pembuatan lubang ventilasi pada rem cakram dapat membantu membuang panas yang dihasilkanpada waktu melakukan pengereman sehingga rem dapat bekerja dengan baik. Dalam hal inipeneliti melakukan pengujian pada 3 piringan cakram dengan model yang berbeda (tanpa lubangventilasi, lubang ventilasi dengan sudut kemiringan 0° dan 30°) dengan material yang sama.Pengujian dilakukan pada kecepatan 10, 20, dan 30 km/jam. Tekanan yang digunakan untukmendorong handle rem adalah 3, 4, dan 5 bar. Hasil pengujian rem cakram menunjukkan bahwakemampuan untuk melakukan pengereman yang paling efektif adalah piringan cakram lubangventilasi sudut kemiringan 0°. Hal ini terlihat dari catatan jarak pengereman yang paling pendekdan waktu pengereman yang paling cepat. Sementara itu, piringan cakram tanpa lubang ventilasimemiliki kemampuan pengereman yang paling tidak efektif. Hal ini terlihat dari catatan jarakpengereman yang paling panjang dan waktu pengereman yang paling lama.

Copyrights © 2015