Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 15 No 02 (2019): Vol 15 No 02 (2019): Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi

Nasution, Eline Yanty Putri (Unknown)
Siregar, Nur Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis Prezi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: 1) pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan, dan 4) penyebaran. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah suatu alat presentasi digital berbasis Prezi pada materi Geometri bagi mahasiswa kelas 4B jurusan Tadris Matematika IAIN Kerinci Tahun Ajaran 2017/2018. Media pembelajaran berbasis Prezi ini terlebih dahulu diperiksa validitasnya untuk kemudian diujicobakan dan diimplementasikan pada proses perkuliahan di dalam kelas. Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan matematika, pendidikan dasar dan bahasa. Kepraktisan media pembelajaran diselidiki dengan cara mengamati pelaksanaan perkuliahan, pengisian angket praktikalitas oleh mahasiswa, serta wawancara kepada mahasiswa. Keefektifan media pembelajaran diselidiki dengan cara mengamati aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Seluruh data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis Prezi sudah valid berdasarkan segi konstruk dan isinya; 2) media pembelajaran berbasis Prezi juga sudah dapat dikatakan praktis berdasarkan pelaksanaan perkuliahan; dan 3) media pembelajaran berbasis Prezi sudah efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil uji coba dan implementasi media serta hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi sudah valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan (e-ISSN 2615-6547, p-ISSN 1858-1080 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic Institute of Kerinci. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for ...