EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137

PENGARUH LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SEKOLAH DASAR

Mera Putri Dewi (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Firman Firman (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh lembar kerja praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD, metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 20 Indarung, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor keterampilan proses sains siswa pada tes akhir materi energi dan cahaya, dari hasil yang diperoleh didapatkan informasi bahwa lembar kerja praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD. Pada tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,31 lebih besar dari kelas kontrol. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen dan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel, Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...