Biolearning Journal
Vol 3 No 1 (2016): Biolearning Journal (Februari 2016)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA MAN MODEL SORONG

Sutarjo Sutarjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2016

Abstract

Keterampilan berpikir kritis akan muncul dalam diri siswa apabila selama proses belajar di dalam kelas, guru membangun pola interaksi dan komunikasi yang lebih menekankan pada proses pembentukan pengetahuan secara aktif oleh siswa. Group Investigation adalah pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok kecil, siswa menggunakan inquiri kooperatif (perencanaan dan diskusi kelompok) kemudian mempresentasikan penemuan mereka di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment).Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, observasi dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di MAN Model Sorong Sorong tahun pelajaran 2013/2014, dengan rancangan penelitian pretest-posttest design.Perhitungan statistik dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA MAN Model Sorong. Perbedaan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis dalam pelajaran IPA pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan mean 61,30 sedangkan siswa yang mengikuti model pembelajaran group investigation denganmean 74.Uji hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh thitung 2,272>ttabel 1,68 yang berarti HO ditolak.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...