Biolearning Journal
Vol 6 No 1 (2019): Biolearning Journal (Februari 2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIIB MTs. MUHAMMDIYAH 1 KOTA SORONG

Riski Sangaji (Unknown)
Miftahudin Miftahudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi menggunakan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIIB MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong.Rancangan yang diguanakan dalam penelitian adalah rancangan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa setelah tindakan.Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIIB MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi.Untuk menganalisis data menggunakan rumus kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIIB MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong. Hal ini berdasarkan nilai post tes siklus I dan siklus II yang terlihat pada hasil analisis data, dimana pada siklus I dengan siswa tuntas sebanyak 7 siswa (33,33%) dari 21 siswa dengan rata-rata nilai 59,52 dan meningkat pada siklus II dengan siswa tuntas sebanyak 18 siswa (85,71%) dari 21 siswa dengan rata-rata nilai 78,09. Hal ini berarti penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan atau mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...