SIGMA
Vol 3, No 1 (2017): SIGMA

MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Agus Subaidi (Unknown)
Rohmah Indahwati (Unknown)
Shelvy Noer Ainy (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2019

Abstract

Guru perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Salah satu model yang pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan berfikir kritis adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media papan flanel untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 2 Pademawu. Sedangkan tekhnik pengumpulan datanya melalui observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 0, 34 yang semula pada siklus 1 sebesar 3,02 menjadi 3,36 pada siklus 2. Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik. Angket siswa mengalami peningkatan sebesar 11,25 % yang semula pada siklus 1 sebesar 80 % menjadi 91,25 % pada siklus 2. Nilai tersebut termasuk dalam kategori positif. Sedangkan rata-rata hasil tes siswa yang tuntas mengalami peningkatan sebesar 15 % dari 75%  di siklus 1 menjadi  90% di siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Negeri 2 Pademawu

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...