Prestasi belajar adalah kemampuan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan setelah menyelesaikan program studi, untuk mengukur prestasi belajar ada kebutuhan untuk instrumen yang komprehensif dan fokus mengukur kesiapan profesional dan kepribadian siswa sebagai calon guru pendidikan Islam (PAI). Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI jurusan Tarbiyah dan Pelatihan Guru di salah satu universitas di kota Bandung dari berbagai tingkatan (level IV, VI, dan VIII) dosen PAI, instrumen yang digunakan terdiri dari angket, wawancara dan studi literatur. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui kesiapan siswa untuk menjadi guru PAI, mengevaluasi kurikulum yang telah diterapkan sehingga diharapkan calon guru siswa siap menjadi guru. Tentu saja, ini adalah ironi bahwa siswa tidak mencintai identitas mereka sebagai siswa dari lembaga pendidikan dan pekerja pendidikan yang tidak menyukai profesi mereka. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepercayaan calon guru PAI untuk menjadi guru berada pada kisaran 2,95 atau dalam kategori tinggi; Motivasi belajar siswa PAI adalah 2,42% dalam kategori sedang. Dengan lebih dari 50% siswa memiliki sikap positif dan antusiasme untuk belajar; rata-rata respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran PAI adalah 1,64 dalam kategori sedang dan 75% siswa menjawab pertanyaan dari dosen dan menunjukkan kehadiran teratur.
Copyrights © 2019