Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode cooperative script untuk meningkatkan kemampuan memahami kalimat majemuk dalam paragraph oleh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Badar Tahun Pembelajaran 2018-2019. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Badar yang berjumlah 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX – C yang berjumlah 22 siswa dan IX-D berjumlah 26 siswa. Menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest design dengan analisis data menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh nilai rata-rata tes awal kemampuan memahami kalimat majemuk dalam paragraph adalah sebesar 41,04 dan termasuk dalam kategori kurang, dengan standar deviasinya sebesar 12,16 dan mengalami peningkatan pada hasil tes akhirnya dengan nilai rata-rata sebesar 73,13 dengan standar deviasinya sebesar 7,55. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 15,50 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5 % adalah 2,02 dengan demikian thitung > ttabel atau 15,50 > 2,02 maka hipotesis diterima. Sehingga diketahui adanya pengaruh yang signifikasi pada penerapan metode cooperative script untuk meningkatkan kemampuan memahami kalimat majemuk dalam paragraph oleh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Badar Tahun Pembelajaran 2018-2019. Kata kunci: metode cooperative script, kalimat majemuk, paragraf.
Copyrights © 2019