NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 6, No 3 (2019): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi Melalui Workshop Penyusunan RPP Di SDN 200212 Padangmatinggi

Nurhaidah Rangkuti (SDN 200212 Padangmatinggi)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian   ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Workshop di SDN 200212 Padangmatinggi. Subjek penelitian ini ditujukan kepada semua guru mata pelajaran supaya memiliki kemampuan dalam menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran (RPP) melalui Workshop yang baik untuk pembelajaran sesuai dengan mata pelajarannya. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan berjumlah 20 orang guru dari semua  mata pelajaran yang dan kelas yang diampunya. Sebelum dilakukan tindakan, Indikator keberhasilan penerapan tindakan ini penulis tetapkan sebesar 75%, artinya tindakan ini dinyatakan berhasil bila 75% guru sudah dapat menyusun  RPP mata pelajarannya dengan baik sesuai dengan sintak yang sudah ditentukan.  Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kemampuan guru SDN NO.200212 Padangmatinggi  dalam menguasai indicator pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran masih relative rendah yakni 52%. Pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan penguasaan guru terhadap indicator pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yakni 91%  guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi melalui workshop penyusunan RPP. Dengan kata lain workshop penyusunan RPP berhasil dengan baik dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi. Kata Kunci: Workshop,  Menyusun RPP

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...