Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"

ANALISIS DISAIN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE BATAS KAPASITAS JALAN

Nara Desyana (Program Studi Teknik Sipil - Universitas Widyagama Malang)
Prima Safitri Ayundaningtyas (Program Studi Teknik Sipil - Universitas Widyagama Malang)
Hanif Rahman Maulana (Program Studi Teknik Sipil - Universitas Widyagama Malang)
Aji Suraji (Program Studi Teknik Sipil - Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2019

Abstract

Jalan Caruban – Ngawi merupakan Jalan Nasional yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada ruas jalan ini secara umum merupakan akses jalan utama yang banyak dilalui kendaraan besar. Sehingga pada ruas jalan ini kapasitas jalan sangat berpengaruh karena banyak dilalui jenis kendaraan besar. Dan kapasitas jalan ini akan berpengaruh terhadap perkerasan jalan yang ada. Karena semakin tahun jumlah penduduk semakin meningkat maka para pengguna jalan akan lebih banyak sehingga pertumbuhan lalu lintas akan meningkat. Akan tetapi untuk membuat disain perkerasan jalan tidak hanya melihat pertumbuhan lalu lintas saja, akan tetapi perlu mempertimbangkan batas kapasitas jalan yang ada. Apabila menggunakan pertumbuhan lalu lintas maka pertumbuhan lalu lintas akan semakin meningkat setiap tahunnya, sedangkan jalan memiliki batas kapasitas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas ruas jalan, dan nilai CESA  sehingga dapat membuat desain perkerasan jalan lentur dengan metode batas kapasitas pada ruas jalan Caruban - Ngawi. Sehingga di dapat disain perkerasan lentur AC WC 5 cm, AC BC 6 cm, AC Base 22 cm, Fondasi Agregat Kelas A 15 cm, dan Fondasi SG 2.5 35 cm.

Copyrights © 2019