Jurnal Basicedu
Vol 3, No 4 (2019): October Pages 994-2165

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Lely Afni Ikhwandari (Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia)
Nyoto Hardjono (Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia)
Gamaliel Septian Airlanda (Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan otivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas 4 SD Negeri Gedong 2 Banyu Biru dengan model Numbered Heads Together  (NHT) pada semester I, tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, angket, dan tes tertulis berupa pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentasE ari data yang diperoleh melalui dari angket motivasi dan hasil belajar  matematika antara pra siklus dan setelah siklus. Motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang berarti. Motivasi pada pra siklus yang mencapai kategori tinggi sebesar 22% atau 5 dari 23 peserta dididk. Setelah dilakukan tindakan siklus I untuk meningkatkan motivasi mencapai kategori tinggi sebesar 52% atau 12 peserta dididk dan pada siklus II untuk lebih  meningkatkan motivasi mencapai kategori tinggi sebesar 87% atau 20 peserta dididk. Setelah diberikan tindakan pembelajaran menggunakan model Numbered Heads Together (NHT), pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik  yang ditunjukkan oleh kenaikan persentase hasil belajar peserta didik. Sebelum tindakan sebanyak 10 peserta didik (43%) yang tuntas dari 23 peserta didik. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 15 peserta didik   (65%). Pada siklus II terjadi  peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 20 (87%). Hasil ini menunjukkkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar  matematika peserta didik  pada 4 SD Negeri Gedong 2 Banyu Biru dengan menggunakan model Numbered Heads Together  (NHT)  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...