JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 2, No 1 (2019): February 2019

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE

Muthia Dewi (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan representasi ide-ide dan konsep-konsep matematik yang dituangkan mahasiswa dan penyelesaian soal dengan pembelajaran strategi think-talk-write (TTW). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dimana operasional dalam penelitian ini dijabarkan menjadi 4 tahap yang berupa siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas SI -1A STMIK Royal Kisaran yang berjumlah 35 orang dan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus melalui pembelajaran think-talk-write (TTW) Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes awal, tes hasil belajar, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Jumlah skor yang diperoleh dari pelaksanaan Pembelajaran pada siklus 1 = 21, sehingga pada pada siklus 1 pelaksanaan Pembelajaran di kelas dikategorikan kurang berhasil. Jumlah skor yang diperoleh pada siklus 2 = 23, maka pada siklus 2 pelaksanaan pembelajaran dikategorikan kurang berhasil. Jumlah skor yang diperoleh dari pelaksanaan Pembelajaran pada siklus 3 = 29, dengan demikian pada siklus 3 pelaksanaan Pembelajaran dikategorikan berhasil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...