Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan representasi ide-ide dan konsep-konsep matematik yang dituangkan mahasiswa dan penyelesaian soal dengan pembelajaran strategi think-talk-write (TTW). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dimana operasional dalam penelitian ini dijabarkan menjadi 4 tahap yang berupa siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas SI -1A STMIK Royal Kisaran yang berjumlah 35 orang dan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus melalui pembelajaran think-talk-write (TTW) Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes awal, tes hasil belajar, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Jumlah skor yang diperoleh dari pelaksanaan Pembelajaran pada siklus 1 = 21, sehingga pada pada siklus 1 pelaksanaan Pembelajaran di kelas dikategorikan kurang berhasil. Jumlah skor yang diperoleh pada siklus 2 = 23, maka pada siklus 2 pelaksanaan pembelajaran dikategorikan kurang berhasil. Jumlah skor yang diperoleh dari pelaksanaan Pembelajaran pada siklus 3 = 29, dengan demikian pada siklus 3 pelaksanaan Pembelajaran dikategorikan berhasil.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019