JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN BRAIN MANAGEMENT (MANAJEMEN OTAK) PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA

Ani Uswatun Khasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruhpembelajaran yang menggunakan Brain Management (Manajemen Otak)terhadap hasil belajar matematika materi eksponen dan logaritma padasiswa SMK PGRI - 2 Sidoarjo kelas X tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenispenelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XSMK PGRI – 2 Sidoarjo, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalahkelas X jurusan RPL (Rancangan Perangkat Lunak) sebagai kelaseksperimen yang berjumlah 40 siswa dan kelas X jurusan MM (MultiMedia) sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa yangpengambilannya menggunakan teknik cluster random sampling. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes yangterdiri dari pretes dan postes. Teknik analisis data menggunakan uji t yangsebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasilanalisis data menunjukkan ada perbedaan hasil belajar matematika padamateri eksponen dan logaritma antara siswa kelas eksperimen dengansiswa kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh padapembelajaran yang menggunakan Brain Management (Manajemen Otak)terhadap hasil belajar matematika materi eksponen dan logaritma padasiswa SMK PGRI – 2 Sidoarjo kelas X tahun pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Brain Management (Manajemen Otak), hasil belajar, eksponen dan logaritma

Copyrights © 2015