cover
Contact Name
Nurina Ayuningtyas
Contact Email
nurinaayu.n@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
nurinaayu.n@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Published by STKIP PGRI Sidoarjo
ISSN : 23378166     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 90 Documents
PROSES BERPIKIR SISWA TUNANETRA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI GEOMETRI Nabilah, Hullatun
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses memperoleh pengetahuan, siswa tunanetra mengalamiproses berpikir. Siswa tunanetra dalam penelitian ini yang mengalamigangguan penglihatan tidak dapat dibantu dengan alat optik apapun.Ketika siswa memecahkan masalah, akan terjadi kondisi tidak setimbang(disequilibrium) antara pengetahuan yang sudah ada dan pengetahuanyang diterima. Untuk mencapai kesetimbangan (equilibrium) antarasiswa dengan lingkungan, maka siswa akan mengalami proses asimilasidan akomodasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanproses berpikir siswa tunanetra dalam memecahkan masalah matematikamateri geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif denganmenggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan padatahun ajaran 2014/2015 di SMPLB YPAB A Surabaya kelas IX.Penentuan subjek dilakukan dengan melakukan wawancara kepada gurumatematika dengan ketentuan siswa tunanetra buta total yang memilikikemampuan komunikasi baik. Uji kredibilitas dalam penelitian inimenggunakan pantas/kaya(rich) yaitu deskripsi tebal yang dapatdigunakan untuk membuat keputusan dalam hal transferabilitas karenapeneliti menjelaskan dengan detail partisipan atau setting studinya.Kata Kunci: Proses Berpikir, Siswa Tunanetra, Memecahkan Masalah Matematika, Geometri
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SMP NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO Khusnah, Siti Asmaul; Mubarakah, Lailatul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakteristik matematika yang abstrak, mengakibatkan banyak siswa yang hanya menelan mentah semua materi tersebut tanpa mencoba untuk memahami informasi apa yang terkandung di dalamnya. Mengingat perlunya kemampuan komunikasi matematika maka dalam penelitian ini model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner. Hasil penelitian dapat disimpulkan melalui data yang diperoleh melaui 2 instrumen penelitian yang dianalisis dengan teknik analisis statistika. Penelitian ini Sig 0.021 yang jauh lebih kecil dari alpha 0.05 sehingga disimpulkan bahwa X (model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memiliki pengaruh signifikan terhadap Y (kemampuan komunikasi matematika siswa). Hubungannya diformulasikan dengan persamaan y = 21,502 + 0,406X.
PENGARUH SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP Budi Susilo, Tri Achmad
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada kurikulum 2013 yangmenekankan pentingnya keseimbangan kopetensi sikap, pengetahuan danketerampilan, kemampuan matematika yang dituntut dibentuk melaluipembelajaran berkelanjutan dimulai dengan meningkatkan pengetahuantentang metode-metode matematika, dilanjutkan dengan keterampilanmenyajikan suatu permasalahan secara matematis dan menyelesaikan, danbermuara pada pembentukan sikap jujur, kritis, kreatif, teliti dan taataturan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhpositif dan signifikan antara sikap siswa pada matematika terhadap hasilbelajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto,pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angketdan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket danlembar nilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan, ada pengaruhpositif dan signifikan antara sikap siswa pada matematika terhadap hasilbelajar matematika sebesar 0,475 dan tergolong cukup tinggi dengankoefisien determinasi 0,2256, sehingga dapat dikatakan sikap siswa padamatematika berpengaruh 22,56% terhadap hasil belajar matematika, dan77,44% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: sikap siswa pada matematika, hasil belajar matematika 
IDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEPRIBADIAN SISWA dwiningtiyas, Hanik; Nuriyatin, Siti
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk mengembangkan potensi diri sendiri sehingga dapat menghadapi setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Dalam mengembangkan potensi diri diperlukan suatu kreativitas agar seseorang dapat memiliki bermacam-macam kemungkinan dalam menyelesaikan suatu persoalan yang mungkin terjadi. Proses berpikir siswa juga meliputi pengembangan kepercayaan diri dan disposisi untuk mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi kuantitatif dalam menyelesaikan soal dan mengambil keputusan. penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk deskriptif, gambaran atau sistematis, aktual dan akurat, sifat, situasi, kondisi atau fenomena dengan menggunakan data berupa kata - kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau obyek yang diamati secara utuh. Identifikasi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal materi Relasi pada mata pelajaran ditinjau dari perbedaan kepribadian siswa. Hasil penelitian proses berpikir yang memiliki kepribadian introvers memecahkan masalah cenderung lebih suka menyelesaikan dengan menyendiri dan lebih tertutup. Proses berpikir yang memiliki kepribadian ekstrovers dalam memecahkan masalah selalu bersikap positif dan percaya diri.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN “WHAT’S ANOTHER WAY” PADA MATERI BILANGAN BULAT Rosidah, Ida Kholilatur; Kusumawati, Intan Bigita
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan, yang diarahkan dan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Manusia sendiri sebagai subjek dan objeknya dalam pendidikan. Pembelajaran dengan Pendekatan “What Another Way” sebagai pembelajaran yang menitik beratkan pada aktivitas belajar peserta didik kreatif dalam memecahkan suatu masalah matematika dengan menggunakan cara lebih dari satu. Subjek penelitian ini peserta didik kelas VII SMP TPI (Taman Pendidikan Islam) Gedangan, dan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran (2) ketuntasan belajar peserta didik (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dikatakan kurang baik dan sesudah pembelajaran dapat dikatakan baik (2) ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan (3) peserta didik memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan “What’s Another Way” dalam mengerjakan soal.
KEMAMPUAN SISWA TENTANG INTEGRASI MATEMATIKA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL ANAK-ANAK SIDOARJO Setianingtyas, Hetty Eka; Sari Agustina, Eka Nurmala; tatik, Suhar
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa tentang integrasi matematika dalam permainan tradisional anak-anak Sidoarjo. Berdasarkan hasil tes didapatkan kategori kemampuan yang meliputi: kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Siswa dengan kategori kemampuan tinggi adalah siswa yang mampu memberikan analisis yang baik terhadap unsur matematika dalam proses atau trik permainan tradisional. siswa dalam kategori kemampuan sedang adalah siswa yang mampu menentukan kandungan unsur matematika dengan baik, namun penjelasan dalam proses atau trik kurang. Siswa dalam kategori kemampuan rendah adalah siswa yang kurang mampu menentukan kandungan unsur matematika dalam permainan tradisional, begitu pula dengan penjelasannya. Kategori kemampuan siswa tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : pengalaman bermain siswa, daya analisis siswa, perhatian siswa terhadap proses penelitian, dan pengalaman siswa untuk memanfaatkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
IDENTIFIKASI KREATIVITAS SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEPRIBADIAN DAN KEMAMPUAN PADA MATERI BILANGAN (IDENTIFICATION OF STUDENT CREATIVITY JUDGING FROM THE DIFFERENCE OF PERSONALITY AND ABILITY IN MATERIAL NUMBERS) Purwaniningsih, Etik Kustyarini
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikankreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkankemampuan siswa yang memiliki kepribadian introvers dan ekstrovers.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan datakualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah 6 siswa dari kelasVII-A MTs Nurul Hidayah Krian diantaranya 3 siswa dari kepribadianintrovers yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah, dan 3 siswadari kepribadian ekstrovers yang berkemampuan tinggi, sedang danrendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memilikikepribadian introvers maupun ekstrovers yang berkemampuan tinggi,sedang, dan rendah tidak memenuhi komponen kebaruan dalammenyelesaikan soal yang diberikan. Siswa cenderung hanyamenggunakan langkah penyelesaian yang seragam.Kata Kunci : kreativitas, kepribadian introvers, kepribadian ekstrovers.
PROFIL PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA Rahma, Umria; Mubarakah, Lailatul
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan matematika Vol. 2 No. 2 (September)
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan Untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Pemahaman relasional merupakan kemampuan siswa dalam memahami setiap langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah serta mengetahui alasan setiap langkah tersebut dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2014-2015 di kelas IX-G SMPN 2 Buduran, Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika masih kurang. Hal ini terlihat ketika siswa dapat memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian, melaksanakan cara penyelesaian dan mengecek hasil penyelesaian, akan tetapi siswa belum dapat menyatakan alasan setiap langkah yang dilakukan.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL Astutik, Yuni; Nuriyatin, Siti
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan di kelas VIII-A MTS Almuawanah Minggir bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan mengidentifikasi kesalahan siswa, persentase kesalahan siswa, serta faktor-faktor yang melatarbelakangi siswa melakukan kesalahan terkait dengan materi aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah konsep (37,73 %), prinsip (50%) dan teknik (31,18%). Berdasarkan hasil analisis data wawancara diperoleh beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan antara lain: siswa tergesa-gesa dalam menjawab soal, siswa belum siap menjalani tes atau dengan kata lain siswa tidak belajar sebelum tes, siswa tidak memahami maksud dari soal, siswa kurang menguasai konsep yang berkaitan dengan soal tes.
PENGEMBANGAN LKS DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SMP KELAS VIII Rochim, M.; Fachrudin, Achmad Dhany
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan matematika stkip pgri sidoarjo
Publisher : STKIP PGRI SIDOARJO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Thiagarajan, tanpa tahap penyebaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan PMRI pada SPLDV, dan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan PMRI pada SPLDV yang baik. LKS yang baik adalah LKS yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.