Karakteristik matematika yang abstrak, mengakibatkan banyak siswa yang hanya menelan mentah semua materi tersebut tanpa mencoba untuk memahami informasi apa yang terkandung di dalamnya. Mengingat perlunya kemampuan komunikasi matematika maka dalam penelitian ini model pembelajaran yang dipilih adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner. Hasil penelitian dapat disimpulkan melalui data yang diperoleh melaui 2 instrumen penelitian yang dianalisis dengan teknik analisis statistika. Penelitian ini Sig 0.021 yang jauh lebih kecil dari alpha 0.05 sehingga disimpulkan bahwa X (model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memiliki pengaruh signifikan terhadap Y (kemampuan komunikasi matematika siswa). Hubungannya diformulasikan dengan persamaan y = 21,502 + 0,406X.
Copyrights © 2015