Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan Untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Pemahaman relasional merupakan kemampuan siswa dalam memahami setiap langkah-langkah yang dilakukan dalam memecahkan masalah serta mengetahui alasan setiap langkah tersebut dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2014-2015 di kelas IX-G SMPN 2 Buduran, Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman relasional siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika masih kurang. Hal ini terlihat ketika siswa dapat memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian, melaksanakan cara penyelesaian dan mengecek hasil penyelesaian, akan tetapi siswa belum dapat menyatakan alasan setiap langkah yang dilakukan.
Copyrights © 2014