JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Ana Priatna Ningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemahamansiswa berkemamuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang,berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita padamateri pokok bahasan bilangan bulat. Pemahaman yang digunakan dalampenelitian ini menganut indikator menurut Ruseffendy yaitu pemahamantranslasi, pemahaman interpolasi, pemahaman ekstrapolasi. Penelitian inimenggunakan dua kali tes tulis dan wawancara. Tes tulis pertama bertujuanuntuk mengetahui kemampuan matematika siswa serta untuk menentukansubjek dan tes tulis kedua bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswasetelah itu dilakukan wawancara terhadap subjek yang terpilih. Subjekdalam penelitian ini sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa dari kelompokkemampuan matematika tinggi, 3 siswa dari kelompok kemampuanmatematika sedang, dan 1 siswa dari kelompok kemampuan matematikarendah.Kata Kunci :Pemahaman, Soal Cerita, Bilangan Bulat, KemampuanMatematika

Copyrights © 2015