JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi)
Vol 4, No 2 (2019): November 2019

Pengaruh Model Pembelajaran JINEMAM Terhadap Berpikir Kritis Siswa Biologi

Farida Sri Wahyuni (Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo, Jl. Simpang Arjuno No.14B, Malang (65119), JA-TIM,)
Dwi Candra Setiawan (Pendidikan Biologi, IKIP Budi Utomo, Jl. Simpang Arjuno No.14B, Malang (65119), JA-TIM,)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Faktor penentu keberhasilan pembentukan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran JINEMAM. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran JINEMAM terhadap berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu siswa SMAS Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen sejumlah 23 siswa dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol sejumlah 20 siswa. Instrumen tes berupa tes essay dan di uji reabilitas dan validitas sebelum digunakan. Data diperoleh dari hasil pretest posttest kedua kelas. Uji ANAKOVA digunakan sebagai uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran JINEMAM berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa biologi. Dengan demikian, model pembelajaran JINEMAM memiliki potensi dalam memberdayakan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBIO

Publisher

Subject

Education

Description

JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di bidang pendidikan biologi, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media cetak ataupun ...