Journal of Civic Education
Vol 1 No 2 (2018): Journal of Civic Education

Tradisi Serasean: Nilai-nilai Kearifan Lokal Masyarakat Transmigran di Nagari Sungai Duo dalam Mewujudkan Keharmonisan Sosial

Gushidayat Afriandi (Universitas Negeri Padang)
Ideal Putra (Universitas Negeri Padang)
Nurman Nurman (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tradisi serasean beserta makna dan nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, yang dilakukan di Nagari Sungai Duo Kabupaten Dharmasraya. Informan penelitian dipilih dengan metode purpossive sampling, terdiri dari kepala Jorong, ketua RT, tokoh masyarakat dan masyarakat Jorong Karya Budaya Timur dan Barat. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi peran serta, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan tradisi serasean bertujuan untuk mewujudkan keserasian dalam kehidupan masyarakat, dengan menekankan kesadaran diri akan pentingnya menjaga sikap dalam berinteraksi antar individu dengan individu ataupun dengan kelompok. Di dalam pelaksanaan tradisi serasean terdapat beberapa prosesi dan simbol yang memiliki makna tentang nilai-nilai penting dalam interaksi sosial, yaitu sikap rela berkorban, kesopanan, religius, musyawarah dan gotong royong. Nilai-nilai tersebut didasari oleh pandangan hidup dan keyakinan masyarakat tentang konsep keharmonisan alam semesta.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JCE mengundang para sarjana, peneliti, praktisi, dan mahasiswa pascasarjana untuk mengirimkan artikel ilmiah mereka yang berasal dari penelitian, studi, dan ulasan buku di bidang pendidikan kewarganegaraan, pendidikan moral, studi interdisipliner dalam bidang politik, hukum, sosiologi, sejarah, dan ...