Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019

KINERJA BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DITINJAU DARI SIKAP INOVATIF, DISIPLIN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR

Sant, Alhubbiar (Unknown)
Rukun, Kasman (Unknown)
Irfan, Dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan pada kurangnya pencapaian tujuan kinerja belajar siswa yang dapat dilihat dari rendahnya kinerja belajar siswa yang terlihat pada rendahnya hasil praktek atau unjuk kerja siswa ketika praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Kinerja Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XII berjumlah 142 siswa, sampel dipilih dengan metode random sampling berjumlah 105 siswa. Pemrosesan data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap Inovatif memiliki hubungan positif yang signifikan dengan Kinerja Belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,389 dan kontribusi sebesar 0,151. Selain itu, ada juga hubungan positif yang signifikan antara Disiplin Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,418 dan kontribusi 0,174. Selanjutnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,323 dan kontribusi sebesar 0,104. Akhirnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar bersama-sama dengan Kinerja Pembelajaran PTIK, dengan koefisien korelasi 0,575 dan kontribusi 0,330. Temuan ini merekomendasikan perlunya sikap inovatif, disiplin dan motivasi siswa sehingga akan berdampak pada peningkatan kinerja kinerja pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa. Kata kunci: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Kinerja Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...