Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 4 No. 1 (2019): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Achla Nabilla Miharjo (achla)
Hamidah Suryani Lukman (Unknown)
Yanti Mulyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dengan model pembelajaran langsung. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimentasi dengan Nonequivalent Post-test Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Sukabumi sebanyak 320 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling sehingga didapat 2 kelas Eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing 37 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi serta untuk data yang digunakan adalah data nilai Post-test kemampuan komunikasi matematis siswa sebanyak 5 soal uraian materi peluang. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan uji t dua sampel. Hasil penelitian menunjukan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) lebih baik daripada model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...