Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Vol 7 No 1 (2019): Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan

Kemampuan Menulis Puisi Siswa SD Melalui Media Gambar

Hindun Hindun (Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan)
Karmila Karmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas 2 SDN Cempaka Putih Barat 19 Jakarta Pusat melalui media gambar. Hal itu dilakukan karena sebagian besar siswa kelas 2 SDN Cempaka Putih Barat berasal dari siswa yang belum mengenyam pendidikan taman kanak-kanak (TK). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini menggunakan 2 (dua) siklus; tiap-tiap siklus dilakukan 2 (dua) pertemuan; sehingga dua siklus menjadi 4 (empat) pertemuan. Responden penelitian adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 31 orang siswa; dengan perincian siswa perempuan berjumlah 18 orang dan siswa laki-laki berjumlah 13 orang. Peneliti memfokuskan kajian pada: (a) Keaktifan Siswa, (b) Ketepatan Pemilihan Kata (diksi), dan (c) Kemampuan Menyusun Puisi. Berdasarkan analisis data dan temuan diperoleh hasil nilai rata-rata sebagai berikut: (a) Keaktifan siswa diperoleh hasil rata-rata kelas; siklus I pertemuan pertama : 85 %, pertemuan kedua : 85 %; siklus II pertemuan pertama : 87 %, dan pertemuan kedua : 95 %. (b) Ketepatan Pemilihan Kata (Diksi) diperoleh hasil nilai rata-rata kelas yaitu: siklus I pertemuan pertama memperoleh nilai 64; pertemuan kedua 73, siklus II pertemuan pertama 77, dan pertemuan kedua 82; dan (c) Kemampuan Menyusun Puisi diperoleh hasil nilai rata-rata kelas yaitu: siklus I pertemuan pertama memperoleh nilai 65; pertemuan kedua 73, siklus II pertemuan pertama 78, dan pertemuan kedua 85. Dengan demikian kesimpulan hasil PTK tentang kemampuan menyusun puisi siswa kelas 2 SDN Cempaka Putih Barat 19 Jakarta Pusat predikat baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Andragogi Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan (p-ISSN 2620-5009, e-ISSN 2623-1190) is a periodical journal published by Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan (Center of Education and Religious Technical Training), under The Ministry of Religion Affairs, Republic of Indonesia. ...