Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran course review horay dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang yang berjumlah 159 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Pempatan sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas V SD Negeri 4 Pempatan sebagai kelas kontrol berjumlah 28 orang, pemilihan sampel dalamĀ  penelitian ini diambil menggunakan teknik group random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran course review horay dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran course review horay berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Rendang tahun ajaran 2017/2018.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019