Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK dengan menggunakan model Number Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan non-equivalent control group pre-test post-test design. Subjek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Kaligawe Kota Semarang yang terdiri dari siswa kelas IV A berjumlah 28 dan siswa kelas IV B berjumlah 28 dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol 50,54 dan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 50,00. Sedangkan hasil nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol 69,11 dan hasil nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 76,42. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah thitung>ttabel (2,093 > 2,021). Sehingga terdapat keefektifan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK kelas IV SDN Kaligawe yaitu, hasil belajar siswa lebih meningkat.Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Number Head Together, Sekolah Dasar
Copyrights © 2019