Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 3, No 4 (2019): November 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Suantara, I Kadek Tony (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)
Wulandari, I Gusti Agung Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan media permainan TTS dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Kompyang Sujana kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah SDN 4 Peguyangan, dengan jumlah 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SDN 3 Tonja dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes jenis objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 3,82 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 72 diperoleh ttab = 2,00, thit = 3,82 > 2,00. Perhitungan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbantuan media permainan TTS ( 16X">  = 82,69) > dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional ( 16X">  =73,94). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbantuan media permainan TTS berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri di Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019.  Kata Kunci: Think Pair Share, TTS, Kompetensi Pengetahuan IPA 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...