Sejumlah guru SMP Muhammadiyah Bantul memiliki kesulitan dalam membuat karya ilmiah. Di sisi lain, karya ilmiah guru merupakan salah satu item dalam penilaian akreditasi sekolah di SMP Muhammadiyah Bantul, selain juga dapat dijadikan bahan kenaikan golongan para guru. Sehingga, dibutuhkan suatu pelatihan yang dapat membantu para guru dalam penyusunan karya ilmiah. Pelatihan dan workshop ini diikuti oleh 20 guru SMP Muhammadiyah Bantul. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi pembimbingan penyusunan pembuatan karya ilmiah kepada guru-guru SMP Muhammadiyah di Bantul. Kegiatan diawali dengan guru melakukan penelitian dalam pembelajaran. Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut, guru menyusun karya ilmiah yang dapat dipublikasikan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah dengan mengadakan pendampingan kepada guru-guru matematika SMP Muhammadiyah di Bantul dalam pelatihan dan workshop pembuatan penelitian dan menyusun Karya Ilmiah. Hasil angket yang diberikan kepada guru, sebelum dan sesudah mengikuti workshop, diperoleh nilai rata-rata sebelum mengikuti workshop yaitu 33,28 pada kategori cukup, dan nilai rata-rata sesudah mengikuti workshop yaitu 37,09 pada kategori baik. Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru SMP Muhammadiyah di Bantul dapat membuat karya ilmiah yang berkualitas sehingga dapat dijadikan bahan kenaikan golongan maupun penilaian pada akreditasi sekolah.
Copyrights © 2019