Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu bidang study yang kurang menarik perhatian siswa salah satu hal penyebabnya adalah karena padatnya materi hafalan yang harus dikuasai siswa. Kenyataan inilah yang penulis temui di kelas VI SD N 01 Sitiung bahwa hasil UH IPS hanya 11,11 % siswa yang bias mencapai KKM yaitu 75. Untuk mengatasi hal itu maka penulis melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan alat peraga kantong Ajaib dengan menyanyikan lagu 0-0 (kosong kosong). Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus yang setiap siklusnya diadakan tes secara individual. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada siklus I, II, dan III dengan menggunakan alat peraga kantong ajaib dengan menyanyikan lagu 0-0 (kosong kosong) pada mata pelajaran IPS terjadi peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat pada siklus I 55, siklus II menjadi 71,67 dan pada siklus III menjadi 86,11. Sedangkan dari ketuntasan belajar berdasarkan KKM yaitu 75 Siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu siklus I dari 16,67% meningkat pada siklus II menjadi 66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Copyrights © 2019