Journal of RESIDU
Vol 3 No 15, Maret (2019): JOURNAL of RESIDU (Research and Investigation Educati) By :ojs.rc-institu

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD N 01 Sitiung Pada Mata Pelajaran IPS Materi Benua Di Dunia Melalui Penggunaan Alat Peraga Kantong Ajaib Dengan Menyanyikan Lagu 0-0 ( Kosong Kosong)

,, Sumartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu bidang study yang kurang menarik perhatian siswa salah satu hal penyebabnya adalah karena padatnya materi hafalan yang harus dikuasai siswa. Kenyataan inilah yang penulis temui di kelas VI SD N 01 Sitiung bahwa hasil UH IPS hanya 11,11 % siswa yang bias mencapai KKM yaitu 75. Untuk mengatasi hal itu maka penulis melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan alat peraga kantong Ajaib dengan menyanyikan lagu 0-0 (kosong kosong). Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus yang setiap siklusnya diadakan tes secara individual. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada siklus I, II, dan III dengan menggunakan alat peraga kantong ajaib dengan menyanyikan lagu 0-0 (kosong kosong) pada mata pelajaran IPS terjadi peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat pada siklus I 55, siklus II menjadi 71,67 dan pada siklus III menjadi 86,11. Sedangkan dari ketuntasan belajar berdasarkan KKM yaitu 75 Siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu siklus I dari 16,67% meningkat pada siklus II menjadi  66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of RESIDU is an open access published by RC-INSTITUT. The main objective of Journal of RESIDU is to provide a platform for the international scholars, academicians and researchers to share the contemporary thoughts in the fields of ...