Menara Ilmu
Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019

PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI SMAN 15 PADANG

Rahmi, Azvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Sedangkan kebasahan data menggunakan triangluasi. Permaslahannya yang ditemui penulis adalah rendahnya motivasi guru dalam proses belajar mengajar, masih ada beberapa guru yang lalai dalam menjalankan tugasnya seperti tidak membuat perangkat pembelajaran, datang terlambat ke kelas, sering keluar masuk kelas, kurangnya kesadaran guru dalam meminta supervise klinis untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Untuk mengahadapi berbagai macam permasalahan yang dialami oleh guru dibutuhkan supervise klinis. Hasil dlaam penelitian ini adalah sasaran supervise klinis adalah perbaikan pembelajaran guru bukan perbaikan kepribadian guru. Sedangkan pelaksanaan supervise klinis dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap pertemuan awal dan tahap pengamatan/observasi mengajar. Dari pelaksanaan supervise klinis di SMAN 15 Padang dapat meningkatkan motivasi kerja guru. Kata kunci: supervise klinis, motivasi kerja guru, kepala sekolah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...