Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol 14 No 2 (2019): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Johari Window Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Rembang

Harnanda Nisrina Rosida (Universitas PGRI Semarang)
Siti Fitriana (Universitas PGRI Semarang)
Ismah Ismah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2019

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design dengan desain pretest- posttest (one group prettest-posttest). Hasil analisis dengan menggunakan Uji-t. Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus Product Moment dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 37 butir dan 3 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,940. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window, menunjukkan adanya perkembangan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitung > ttabel (2.103 > 2,042) dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rembang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...