Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 6 (2019): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle dan Probing Prompting berbantuan Puzzle terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Fauziah, Laila Rahmatul (Unknown)
Shodiqin, Ali (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektivitas antara model pembelajaran Learning Cycledan model pembelajaran Probing Promptingberbantuan puzzleterhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain Posttest-Only Control Designdi kelas X SMA Negeri 2 Mranggen. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-IPS 4 sebagai kelas eksperimen I, X-IPS 3 sebagai kelas eksperimen II, X-IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data yang digunakan untuk evaluasi berupa soal uraian. Analisis data menggunakan uji anava satu arah, uji t satu pihak, uji t dua pihak dan uji ketuntasan. Kesimpulan penelitian ini yaitu;1) Terdapat perbedaan antaramodel pembelajaranLearning Cycle, Probing Prompting dan Konvensional; 2) Model pembelajaranLearning Cycle lebih efektifdari model pembelajaran Konvensional;3) ModelpembelajaranProbing Prompting lebih efektif darimodel pembelajaranKonvensional;4) Tidak terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaranLearning Cycle danProbing Promptingterhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwamodel pembelajaran Learning Cycle dan Probing Prompting berbantuan puzzle lebih efektif dari model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...