Majalah Ilmiah Kaputama
Vol 2, No 2 (2018): EDISI JULI 2018

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BINJAI

PASARIBU, TIO RIA (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi daripada hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran KWL; (2) untuk mengetahui hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi daripada hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret; dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Binjai tahun akademik 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah keseluruhan populasi 139 orang. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi ? = 0.05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya berpikir sekuensial diadaptasi dari DePorter dan telah distandarisasi untuk mengetahui klasifikasi gaya berpikir sekuensial siswa pada setiap kelompok subjek penelitian. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran PQ4R  = 23,6  lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar membaca bahasa Prancis siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran KWL  = 21,37 ,dengan  Fhitung = 19,91 > Ftabel = 3.96; (2) rata-rata hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak  = 23,55 lebih tinggi daripada hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret  = 21,44 dengan Fhitung = 18,52 > Ftabel = 3.96, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar membaca pemahaman bahasa Prancis siswa dengan Fhitung = 84,47 > Ftabel = 3.96. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak adalah strategi pembelajaran PQ4R sedangkan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran KWL

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MAIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Terbit Setiap Bulan Januari dan Juni Setiap Tahunnya. Majalah tersebut merupakan Media publikasi untuk bidang Komputer, bidang pendidikan dan bidang umum ...