Peneliti mencoba memecahkan masalah hasil belajar matematika dengan menerapkan metode problem posing di kelas IX3 SMP Negeri 10 Tambun Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX3 yang berjumlah 41 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil observasi dan tes dari Siklus I, II, dan III terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata dan tingkat ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65,12 dengan ketuntasan 39,02%, siklus II nilai rata-rata 71,95 dengan ketuntasan 65,85% dan Siklus III meningkat menjadi 79,15 dengan ketuntasan 100,00%. Simpulan penelitian ini adalah dengan diterapkannya metode problem posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi kesebangunan di kelas IX3 SMP Negeri 10 Tambun Selatan. Kata kunci: Problem posing, hasil belajar, matematika
Copyrights © 2019