Cakrawala Pedagogik
Vol 2 No 2 (2018): Cakrawala Pedagogik

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU

Usep Saepul Mustakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Fokus penelitian ini adalah rendahnya kinerja guru dengan tingkat kehadiran yang rendah menjadi salah satu alasan untuk melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru karena penilaian kinerja guru adalah proses yang berkenaan dengan seberapa baik seseorang melakukan pekerjaan yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Motivasi Kerja Guru (X2) yaitu variabel yang mempengaruhi sedangkan variabel terikatnya adalah Kinerja Guru (Y). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan dari program aplikasi SPSS 16 for Windows. Setelah dilakukan penelitian diperoleh data penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hasil analisis regresi secara parsial diketahui terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan memberikan kontribusi sebesar 52,3%, tergolong cukup baik, sedangkan pengaruh dari motivasi kerja guru secara parsial terhadap kinerja guru memberikan pengaruh sebesar 37% yang tergolong kurang baik dan secara bersama-sama, kedua variabel tersebut terbukti berpengaruh terhadap kinerja guru dengan kontribusi kedua variabel terhadap kinerja guru sebesar 61,6% yang tergolong baik.

Copyrights © 2018