Instructional Development Journal
Vol 2, No 1 (2019): IDJ

Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas X MAN Kuala Enok

Musa Thahir (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Zubaidah Amir MZ (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan yang mendasar dalam proses pembelajaran dan salah satu tujuan dari materi yang disampaikan oleh guru. Namun, salah satu masalah yang sering muncul dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang dikemas dalam bentuk soal yang lebih menekankan pada pemahaman  konsep suatu pokok bahasan tertentu. Melihat permasalahan tersebut, artikel ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan reciprocal teaching. Artikel ini menggunakan model penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan di MAN Kuala Enok dengan jumlah sampel 50 siswa. Data yang diperoleh terkumpul melalui teknik tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan uji t yang tidak berkorelasi. Artikel ini memberikan informasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan reciprocal teaching dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...