Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik assertive training untuk meningkatkan self confidence pada peserta didik kelas VII di MTs Ma?arif Cibeureum ? Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan jenis penelitian pretest-posttest control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 62 orang sementara sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel tersebut maka diperoleh hasil kelompok VII A sebagai kelompok eksperimen dengan kategori self confidence rendah sebanyak enam orang dan kelompok VII B sebagai kelompok kontrol dengan kategori self confidence rendah sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket sikap self confidence. Setelah diberikan perlakuan maka diperoleh hasil post-test yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 23. Hasil rata-rata skor pre-test kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 118 menjadi 143,3 pada saat post-test. Sementara kelas kontrol juga mengalami kenaikan dari semula 113 menjadi 117,1. Dengan melihat Sig. (2-tailed) kelas eksperimen yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya teknik assertive training dapat meningkatkan self confidence pada peserta didik kelas VII MTs Ma?arif Cibeureum.
Copyrights © 2019