Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4 No 2 (2019): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Berbantuan Media Gambar Kelas Iv Sd Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018

Nureeta Yiran (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Suniati Suniati (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan berbantuan Media Gambar, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan berbantuan Media Gambar pada peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah terdiri dari 25 orang peserta didik, 10 orang laki-laki dan 15 orang perampuan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini mengunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar IPS peserta didik menjadi baik selama mengikuti proses pembelajaran dengan mengunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan berbantuan Media gambar. (2) Adanya peningkatan hasil belajar IPS peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan mengunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Media gambar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...