Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4 No 2 (2019): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Dan Course Review Horay Berbantu Media Manipulatif pada Peserta Didik Kelas V B Di SDN-3 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018

Desi Dwi Mariana Putri (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Arif Supriyadi (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan model Model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif. (2) Meningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V B berjumlah 27 peserta didik, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik menjadi meningkat, nilai rata-rata siklus I adalah 2,87 dengan kriteria kurang baik dan siklus II nilai rata-rata 3,32 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik kelas. Nilai rata-rata pre test yaitu 44 dengan ketuntasan klasikal 25%, siklus I nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal 51,85%, dan pada siklus II nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan klasikal 92,59%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...