Jurnal Halaqah
Vol 1 No 4 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing October 2019

Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kausalitas pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA

Amelia Nofrita (Universitas Negeri Padang)
Ofianto Ofianto (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan awal peneliti terkait kurangnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah sehingga siswa kurang mampu berpikir kausalitas pada mata pelajaran sejarah di SMA N 4 Padang. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kausalitas pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang, sampel penelitian ini adalah Kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, yang diambil melalui random. Pengambilan data dilakukan dengan cara pre-test dan post-test dengan menggunakan perangkat soal esai sebanyak 10 butir soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-tata kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan metode pembelajaran brainstorming adalah 86,35 dengan standar deviasi 10,91 dan rata-rata di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran menggunakan metode diskusi adalah 71,33 dengan standar deviasi 12,58. Berdasarkan hasiluji hipotesis menggunakan uji-t (t-test) pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung = 5,33 dan ttabel = 2,000 sehingga thitung > ttabel maka hipotesis Ha pada penelitian ini diterima dan tolak Ho. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kausalitas di mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Padang tahun ajaran 2019/2020.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...