Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Blog Intreraktif Sejarah Indonesia yang valid dan praktis untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pembelajaran di Era Globalisasi menggunakan beragam media dan multimedia sehingga peran media sangat penting dalam pembelajaran dan perkembangan zaman menuntut perubahan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan menggunakan langkah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Keterbatasan penelitian hanya dilakukan sampai tahap Implementation, dan karena keterbatasan waktu penelitian subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang berjumlah sebanyak 23 orang siswa, sedangkan objek penelitian adalah media Blog Interaktif Sejarah Indonesia pada materi Sumpah Pemuda. Instrumen pengumpulan data menggunakan anggket yang diukur menggunakan skala likert. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media, dan dilakukan uji prakitkalitas dari hasil penilaian guru sejarah dan siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat hasil pengembangan media Blog Interaktif Sejarah Indonesia sangat praktis berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan rata-rata 3,58 dan penilaian angket ahli media menunjukan rata-rata 3,58. Sedangkan untuk uji praktikalitas media pembelajaran Blog Interaktif oleh guru dan siswa dapat dikategorikan sangat praktis dilihat dari rata-rata 3,69 dan 3,37.
Copyrights © 2019