Abstrak. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatadalah dengan pembangunan pelayanan kesehatan. Melalui pembangunan pelayanan kesehatanini diharapkan juga akan semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.Pelayanan kesehatan dapat ditinjau dari persepsi kepuasan dan loyalitas masyarakatterhadap kualitas pelayanan. Penelitian memberikan model loyalitas pasien pada RSUDdr. Rasidin Padang dengan menggunakan teknik structural equation modeling (SEM).Teknik SEM ini mempunyai kemampuan untuk menerangkan hubungan antara variabelindikator dan variabel laten secara serentak. Data yang digunakan adalah data primersebanyak 150 sampel yaitu responden yang pernah dan sedang mendapatkan layanankesehatan di RSUD dr. Rasidin Padang sejak Januari 2014. Pengumpulan data primerini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2014. Penelitian ini menghasilkan bahwakepuasaan pasien terhadap layanan kesehatan di RSUD dr. Rasidin Padang berpengaruhsecara signikan terhadap loyalitas pasien. Sedangkan kualitas pelayanan mempengaruhiloyalitas secara tidak langsung, dengan faktor kualitas pelayanan sebagai mediator antarakedua faktor tersebut. Oleh karena itu untuk meningkatkan loyalitas masyarakatuntuk datang berobat ke rumah sakit maka tingkat kepuasaan dan kualitas pelayananharus ditingkatkan. Berdasarkan indikator kebaikan model, dapat ditunjukkan bahwamodel hasil analisis telah menyesuaikan data dengan baik dengan demikan model loyalitaspasien yang dihasilkan dapat diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016